Berbagi untuk Dapat Lebih

Kamis, 19 November 2015

Pengertian Serta Kelebihan dan Kekuragan Custom ROM Android

Tidak ada komentar

Custom ROM adalah Stock ROM yang sudah dimodifikasi oleh pihak ketiga dengan maksud dan tujuan tertentu. Biasanya Custom ROM dimaksudkan untuk mengubah atau menambah fitur dari firmware asli dari vendor atau Stock ROM sehingga mempunyai kemampuan, keunggulan serta kinerja performance ,melebihi dari apa yang sudah ditawarkan oleh firmware aslinya.

Custom ROM Android umumnya duciptakan dan dikembangkan oleh pengembang independen untuk memperbaiki kekurangan pada Stock ROM.

1. Kelebihan Custom ROM

  • Pilihan yang bnyak. Ada ribuan Custom ROM yang tersedia dan untuk berbagai macam perangkat. Masing - masing menawarkan fitur-fitur yang beraneka ragam dengan berbagai macam keunggulan yang tidak ditemukan di Stock ROM.
  • Update Custom ROM yang lebih cepat karena tidak melalui tahap edit vendor ponsel dan/atau operator selular.
  • Feedback kepada pengembag Custom ROM semudah mengirimkan pesan pada sebuah forum komunitas online dan menghasilkan cara yang lebih efisien dalam menangani laporan jika ditemukan bug pada Custom ROM.
  • Jika mengalami masalah, pertanyan atau keluhan bisa disampaikan pada suatu forum komunitas online dan akan segera mendapatkan jawaban dari pengembang atau pengguna lain.
  • Restriksi yang ada pada Stock ROM menghilang.
  • Optimasi kinerja hingga overclocking sehingga perangkat bisa lebih cepat saat menggunakan Custom ROM daripada saat menggunakan Stock ROM.
  • Custom ROM umumnya sudah menyediakan fitur ROOT, oleh karena itu perangkat Android yang memiliki internal berkapasitas minim bisa memanfatkan SDCard Eksternal sebagai tempat menginstall aplikasi.
Dengan berbagai kelebihan diatas, Custom ROM juga memiliki kekurangan yang dibawanya. Berikut kekurangan dari Custom ROM :

2. Kekurangan Custom ROM.
  • Adanya bug saat pertama kali rilis, tidak seperti Stock ROM yang sudah stabil saat pertama kali rilis,. Jika menginstall Custom ROM yang masih banyak bug, bisa menyebabkan perangkat android berjalan tidak semestinya, masih adanya fitur-fitur yang tidak bisa digunakan, hingga mati total.
  • Beberapa ROM yang digunakan diambil dari ROM perangkat Android yang lain. Ini bisa mengakibatkan beberapa fitur berjalan dengan tidak semestinya. Contoh : Saya pernah mencoba custom ROM Hike 716 OS Kitkat untuk Lenovo a390 punya saya, dan menemukan fitur kamera jika digunakan untuk mengambil gambar, hasil gambar itu gelap.
  • Instalasi custom ROM bisa dikatakan cukup mudah, dengan tutorial yang tersedia di internet. Namun apabila terjadi kesalahan dalam proses instalasinya, bsa mengakibatkan perangkat android mati total.
Sekian artikel tentang Pengertian Serta Kelebihan dan Kekurangan Custom ROM Android dari achmad-arm.blogspot.com. Semoga artikel diatas membantu. Terima kasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar