Berbagi untuk Dapat Lebih

Senin, 30 November 2015

Brick pada Android

Tidak ada komentar
Pengertian Brick pada Android - Bagi para opreker Android Brick mungkin bukanlah suatu istilah yang awam. Namun bagi para pemula yang baru menggunakan Android, tentunya ingin memahami istilah-istilah yang ada pada Android bukan. Namun yang pasti bagi siapapun tidak ada yang menginginkan kondisi ini.

Brick adalah suatu keadaan dimana HandHeld atau HH (perangkat keras) tidak dapat menyala atau tidak dapat booting ke dalam system dikarenakan terjadi kesalahan pada HH tersebut.

Kesalahan dapat terjadi akibat dari proses rooting yang tidak berjalan dengan baik dan benar, flashing firmware yang corrupt dan lainnya, ataupun kesalahan dari pengguna itu sendiri.

Brick sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu SoftBrick dan HardBrick

SoftBrick

SoftBrick atau SoftwareBrick, ini merupakan kesalahan yang terjadi pada perangkat lunak atau Software HH itu sendiri. Biasanya kesalahan dalam kategori SoftBrick masih memiliki kemungkinan yang besar untuk diperbaiki sendiri, tanpa perlu dibawa ke Service Center.

Gejala yang biasanya muncul adalah ditandai dengan terjadi stuck atau hang pada saat HH booting. Selain itu, HH juga tidak dapat melakukan booting sama sekali, tetapi ketika baterai di charge, HH masih merespon.

HardBrick

HardBrick atau Hardware Brick, ini merupakan kesalahan yang terjadi pada perangkat keras atau hardware HH itu sendiri. Biasanya kesalahan dalam kategori HardBrick memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk diperbaiki sendiri, dan ujung-ujungnya harus dibawa ke Service Center.

Berbeda dengan gejala pada SoftBrick, gejala pada HardBrick ditandai dengan perangkat tidak merespons sama sekali meskipun baterai dicharge.

Untuk penanganan SoftBrick bagi setiap merk dan type HP ada banyak cara yang bsa dilakukan. Namun saya tidak membahasnya dalam artikel saya kali ini. Dan untuk penanganan HardBrick biasanya langsung dibawa ke Service Center.

Sekian artikel tentang Brick pada Android, semoga para pembaca achmad-arm.blogspot.com mengerti tentang arti Brick pada Android. Terima kasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar