Berbagi untuk Dapat Lebih

Jumat, 20 November 2015

Cara Melakukan Factory Reset Di Android dan Fungsinya

Tidak ada komentar
Factory Reset pada Android, Sebagai pengguna Android, fitur ini sudah tidak asing bagi kita bukan, karena fitur ini merupakan metode utuk mengembalikan semua pengaturan smartphone kembali ke pengaturan awal atau pengaturan pabrik.


Factory reset ini biasanya digunakan saat performa smartphone sudah menurun, atau terjadi masalah pada software smartphone. Secara mendasar, Factory reset adalah mengembalikan segala hal yang ada dismartphone seperti sedia kala saat Anda baru membelinya. Perlu diingat, Factory reset akan menghapus semua data dan aplikasi yang tersimpan pada memori internal atau telpon.

Ada 2 cara untuk melakukan Factory Reset.

Cara pertama

Apabila smartphone sedang aktif, Factory Reset bisa dilakukan dengan masuk ke menu Settings › Backup & reset › Factory data reset.



Cara kedua

Apabila smartphone dalam keadaan mati, Factory reset bisa dilakukan dengan cara masuk terlebih dahulu ke Recovery Mode. Secara umum cara untuk masuk ke Recovery mode adalah dengan menekan Home + Volume Up + Power secara bersamaan. Pada menu Recovery, gunakan tombol Vol Up dan Down untuk navigasi dan Power untuk Enter, pada menu Recovery, pilih Wipe data/Factory reset › Yes--delete all user data, tunggu hingga selesai, lalu "Reboot system now".

Fungsi Factory Reset

Facroty reset ini perlu dilakukan apabila smartphone mengalami kondisi berikut ini :

  1. Jika smartphone tidak bisa start, atau cuma nyala sampai bootlogo saja (Bootloop). Biasanya karena ada aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatible dengan tipe smartphone.
  2. Jika lupa password atau PIN atau terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci smartphone sehingga lupa dan tidak bisa membukanya.
  3. Jika ingin menjual smartphone, tidak ada salahnya melakukan Factory reset untuk menghindari ada beberapa aplikasi yang tidak berjalan dengan baik, memori internal yang penuh karena spam/cahce sehingga android jadi lelet. Dengan Factory reset akan mengembalikan smartphone seperti sedia kala.
Disarankan untuk melakukan backup file yang dirasa penting ke SDCard atau ke komputer terlebih dahulu,

Demikan artikel tentang Cara Melakukan Factory Reset Di Android dan Fungsinya dari achmad-arm.blogspot.com. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar