Berbagi untuk Dapat Lebih

Senin, 16 November 2015

7 Tips Nge-Charge Smartphone yang Benar

Tidak ada komentar
Tak bisa dipungkiri bahwa baterai adalah element utama dalam smartphone. Tanpa baterai yg kokoh, smartphone tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, pengguna harus tepat merawat baterainya agar lebih tahan lama.

Beberapa tips untuk memberi umur panjang pada baterai yang tersedia selama ini cukup menyulitkan. Misalnya, tidak mengunduh aplikasi-aplikasi tertentu, harus mematikan fitur-fitur tertentu, dan hal-hal lain yang membatasi penggunaan smartphone.

Nah, berikut ada tujuh tips yang sederhana untuk pengguna smartphone guna memperpangjang umur baterainya.

PERTAMA, ISI DAYA BEBERAPA KALI DALAM BEBERAPA TAHAPAN

Seperti dalam kehidupan nyata, lebih baik berlari sprint dalam beberapa sesi daripada berlari marathon dalam satu sesi. Untuk menjaga sel baterai tidak muak dengan pengisian, sebaiknya pengisian dilakukan beberapa tahapan, misal dari 30 persen sampai 60 persen atau dari 50persen sampai 80 persen.

KEDUA, HINDARI BATERAI BENAR-BENAR KOSONG

Ini adalah salah satu kondisi ektrim berbahaya untuk kesehatan baterai smartphone, selain mengisi daya penuh dalam waktu yang lama. Jika sering membiarkan kondisi baterai benar-benar kosong, maka ketahanan baterai akan perlahan menurun.

KETIGA, PERLU DIINGAT, KONDISI BATERAI PALING BAIK SAAT 40 PERSEN

Pada saat kondisi 40 persen, kondisi baterai sangat seimbang, tidak terlalu penuh, dan juga tidak terlalu kosong. Pada situasi ini, jangan menekan sel baterai dengan pengisian daya. Lebih baik smartphone digunakan hingga presentase baterai menurun pelan-pelan, sebelum menuju kosong, barulah isi daya.

KEEMPAT, JANGAN TEMPATKAN BATERAI PADA SUHU PANAS

Dalam setahun, jika ditempatkan pada suhu 60 derajat, baterai akan kehilangan 80 persen ketahannya. Pada suhu normal (25 derajat) baterai juga akan kehilangan ketahannya secara alamiah sebanyak 20 persen tiap tahunnya.

KELIMA, JUGA JANGAN TEMPATKAN BATERAI PADA SUHU DINGIN

Jika ingin menyimpan baterai, jangan di tempat yang bersuhu dingin seperti kulkas, kemungkinan terburuknya mungkin juga akan sama seperti baterai yang ditempatkan disuhu panas.

KEENAM, JANGAN BIARKAN BATERAI DALAM KONDISI KOSONG DALAM WAKTU YANG LAMA

Jika baterai dalam kondisi kosong, maka sel baterai akan tertidur, maka harus cepat-cepat dibangunkan dengan mengisi daya. Jika tak cepat-cepat dibangunkan, kemungkinan sel baterai akan kehilangan kemampuan menyerap daya dari alat pengisian. Pada saat kapasitas baterai 40 persen, pengguna harus siap-siap melakukan pengisian daya.

KETUJUH, JANGAN BERHARAP BATERAI HIDUP SELAMANYA

Faktanya, setiap tahun ketahanan baterai akan menurun. Meskipun pengguna sudah merawat baterai smartphonenya dengan benar, dikarenakan setiap baterai punya umur.

Oleh karena itu, bersedialah untuk membeli baterai yang baru demi smartphone anda, tips diatas adalah untuk memanjangkan umur baterai, bukan untuk membuatnya hidup selamanya.


Sekian tips dari saya, semoga artikel diatas membantu.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar