Berbagi untuk Dapat Lebih

Rabu, 18 November 2015

Arti dan Fungsi Root Di Smartphone Android

Tidak ada komentar
Apa Itu ROOT?, Root atau akar, atau istilahnya inti dari suatu sistem (dalam hal ini Android), yang namanya inti pasti sangat penting sekali, dan pastinya sangat dilindungi, jika inti/Root tidak dilindungi, maka otomatis komponen bukan inti atau fisiknya nantinya akan roboh. Root adalah suatu system account yang memiliki hak full akses yang absolut yang bisa mengakses dan mengeksekusi semua aplikasi dan file. Jadi intinya adalah dengan melakukan root pada smartphone Android kita, kita akan mendapatkan hak keistimewaan setara dengan developer dan bisa melakukan perombakan yang cukup signifikan sampai pada tatanan sistem sekalipun. Tidak ada pembatasan hak akses sehingga hal ini sangat menyenangkan bagi pengguna yang hobi otak-atik atau oprek HP. Banyak sekali fungsi yang mengagumkan dari sebuah rooting HP, tapi kembali lagi pada pengguna karena rooting HP juga membawa beberapa hal negatif yang akan merugikan pengguna suatu saat nanti.

Kalau dijabarkan, fungsi root ada banyak sekali. Yang pasti performa smartphone bisa ditingkatkan lagi, dari yang sekedar biasa-biasa saja menjadi yang luar biasa. Dengan rooting, kita bisa saja merubah gambar, logo, bahkan sampai warna menu dan font, semua konfigurasi fisik beserta animasi-animasi dapat kita rubah sesuai keinginan dengan sangat mudah.

Selanjutnya, dengan rooting kita juga bisa menonaktifkan beberapa aplikasi bawaan yang terkadang menjengkelkan dan tidak berguna agar fungsi root kian terasa. Jadi, daripada hanya menyembunyikan aplikasi yang tidak terpakai, lebih baik di uninstall saja.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan rooting. lakukan root sesuai langkah-langkahnya, karena kesalahan dalam satu langkah saja dapat menyebabkan kerusakan fatal, mulai dari booting berulang (Bootloop), tidak bisa booting, bahkan bisa sampai mati total. Dan yang pasti setelah melakukan rooting adalah garansi hilang.. Bagaimana? Tertarik Root HP kamu?

Tidak ada komentar :

Posting Komentar