Berbagi untuk Dapat Lebih

Minggu, 22 November 2015

Bahaya Menambah Kapasitas RAM Smartphone Android

Tidak ada komentar
Bahaya Menambah Kapasitas RAM Smartphone AndroidBahaya Menambah Kapasitas RAM Smartphone Android

Bahaya Menambah Kapasitas RAM Smartphone Android - RAM, apa itu RAM? RAM (Random Access Memory) secara umum adalah sebuah perangkat keras pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara. RAM bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yang dibtuhkan prosesor secara cepa dan di proses menjadi informasi.

Sebagai contoh, ketika  Anda membuka aplikasi Chrome pada smartphone, maka prosesor akan membuka plikasi tersebut dari tempat penyimpanan memori internal dan kemudian meload ke RAM. Atau bisa dikatakan RAM adalah memori untuk meletakkan aplikasi yang sedang dijalankan.

Mungkin sebagian orang ingin menambah kapasitas ram smartphone nya agar kinerja smartphone tidak lemot, tidak lag saat bermain game HD, dan lain-lain. Karena pada dasarnya RAM Android tidak bisa ditambah dan tidak bisa diganti. Mungkin ada beberapa tehnik untuk menambah kapasitas RAM Android yaitu dengan metode SWAP dan dengan metode ZRAM. Tapi tahukah Anda bahayanya menambah kapasitas ram smartphone Android? Berikut saya jelaskan bahaya dari menambah kaspasitas RAM Android.

1. Metode SWAP memanfaatkan kemampuan memori eksternal untuk dijadikan virtual memori. Secara tidak langsung akan membuat umur SDCard berkurang, karena SDCard akan dipaksa bekerja lebih cepat untuk mengimbangi kerja prosesor, yg sebagaimana itu adalah tugas dari RAM.

2. Metode ZRAM memangkas/mengurangi sebagian besar kapasitas memori internal untuk dijadikan virtual memori. Jika dilihat pada bagian free memory, jika ukuran maksimalnya adalah 500MB, maka bila dipangkas oleh ZRAM, free nya tidak akan pernah bisa mencapai 500MB.

Sekian artikel tentang Bahaya Menambah Kapasitas RAM Smartphone Android, Semoga artikel tersebut membantu para pembaca. Terima kasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar