Berbagi untuk Dapat Lebih

Selasa, 17 November 2015

Android Anda Mulai Lambat, Ini Solusinya

Tidak ada komentar
Perkembangan teknologi gadget saat ini semakin gencar dan selalu update dari waktu ke waktu. Ada berbagai macam merk smartphone yang bermunculan yang menawarkan berbagai macam fitur yang unik dan keungulan produk masing-masing yang sering membingungkan konsumen untuk memilih.

Melihat banyaknya pengguna Android saat ini, tentunya perangkat canggih ini tak lepas dari masalah yang membuat kita para penggunanya tidak nyaman, mulai dari booting yang lama(lemot), loading membuka aplikasi tertentu yang lambat, hang, dan lain-lain. Tentunya masalah tersebut akan membuat para pengguna akan merasa kesal jika terlalu sering mengalami masalah tersebut.

Bagi Anda para pengguna smartphone android yang mengalami masalah tersebut, berikut tips untuk mengatasi smartphone Android yang mulai lemot atau lambat agar perangkat Anda bisa bekeerja lebih baik.

1. Membersihkan Cache

Menjalankan aplikasi mungkin akan meninggalkan sisa data penyimpanan berkelanjutan atau disebut cache, penumpukan cache dari aplikasi-aplikasi tersebut dapat menjadi faktor penyebab kinerja android menjadi lambat. Cache juga disebut sebagai history pada browser. Untuk mencegah sistem lag akibat penumpukan cache, kita bisa menggunakan aplikasi khusus untuk membersihkannya yang bisa didownload di Google PlayStore

2. Mengontrol multitasking

Smartphone Android juga memiliki keunggulan multitasking, yaitu mampu menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Namun jika tidak terkontrol, akan membuat kerja android jadi lambat (lemot) dikarenakan ada beberapa aplikasi yang masih berjalan di background. Untuk mengatasinya, bisa menggunakan aplikasi Tasking bawaan (beberapa HP sudah tersedia), jika belum ada bisa download di PlayStore.

3. Tidak menggunakan Live Wallpaper

Sebagian orang suka menggunakan live wallpaper untuk memperindah tampilan layar smartphone androidnya. Namun tanpa disadari itu membuat kerja smartphone jadi lambat. Oleh karena itu, untuk membantu mempercepat loading smartphone android Anda, disarankan untuk menggunakan image wallpaper yang sederhana saja agar kecepatan loadingnya stabil dan maksimal.

4. Terlalu banyak widget

Sama dengan menggunakan live wallpaper, menginstall widget terlalu banyak juga bisa membuat kerja Android jadi lambat, karena widget pada layar selalu berjalan, sehingga memakan RAM, dan ada beberapa yang selalu terkoneksi dengan internet yang menyebabkan Android jadi lambat.

5. Memori internal yang penuh

Secara default aplikasi yang terinstall di smartphone akan tersimpan di memori internal, jika terlalu banyak plikasi terinstall, maka memori internal akan penuh dan performa Android akan menjadi lambat. Solusi untuk masalah ini adalah uninstall aplikasi yang dirasa tidak diperlukan atau yang jarang digunakan atau bisa juga dengan memindahkan aplikasi ke SDCard  External.

6. Jangan menumpuk sms

Jagnan meremehkan tumpukan sms di dalam inbox dan outbox, karena semua sms ini ada di dalam memori internal smartphone anda. Jika terlalu banyak, maka kerja smartphone akan menjadi lambat, dikarenakan memori internal smartphone yang semakin lama semakin sedikit yang digunakan oleh sms. oleh karena itu biasakanlah untuk menghapus sms lama yang tidak diperlukan secara berkala.

Sekian artikel dari achmad-arm.blospot.com tentang Tips Android yang mulai lambat atau lemot. Semoga artikel diatas membantu dalam mengatasi perangkat Android Anda yang mulai lambat atau lemot.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar