Berbagi untuk Dapat Lebih

Kamis, 26 November 2015

Apa itu VPN?

Tidak ada komentar

Mungkin ketika lagi bersantai saat jam istirahat kantor, ketika ingin membuka salah satu website Social Media Facebook misalnya, ternyata di blokir ketika kita terhubung dengan wifi kantor, hal ini pasti sangat menjengkelkan bukan. Mungkin Anda harus mencoba menggunakan VPN.

Apa itu VPN? Mungkin banyak yang belum megerti tentang istilah yang satu ini, VPN merupaka singkatan dari Virtual Private Network maksudnya VPN adalah jaringan virtual yang dapat dihubungkan ke komputer atau smartphone kita. Ketika perangkat Anda terhubung kedalam jaringan VPN, maka seolah-olah perangkat anda terhubung dengan jaringan yang sama dengan jaringan VPN. Semua lalu lintas data Anda di internet disuplai oleh si VPN yang memiliki koneksi yang aman dan bersih. Anda bisa memanfaatkan resource jaringan vitrual tersebut meskipun Anda berada di belahan dunia yang lain karena perangkat Anda seolah-olah berada dalam satu jaringan yang sama dengan VPN.

Dengan VPN kita dapat melakukan sebuah konesi ke dalam sebuah jaringan secara aman. Dengan VPN kita juga dapat mengakses website-website atau content yang diblokir oleh suatu negara.

Prinsip kerja VPN ini sangat sederhana yaitu memforward semua lalu lintas data dalam jaringan Anda. Jadi menggunakan VPN sama dengan menggunakan jaringan lokal milik Anda sendiri dengan demikian Anda bisa mengakses situs-situs atau content-content yang di blokir.

Saat terhubung dengan VPN ketika sedang browsing, maka secara tidak langsung perangkat Anda melakukan contact dengan website menggunakan koneksi VPN yang terenkripsi. sehinga membuat data-data Anda aman sehingga jauh dari jangkauan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Begitu juga ketika Anda sedang mengakses sebuah website, VPN akan melakukan request kepada website tersebut, lalu akan meneruskannya kepada Anda secara aman, jadi VPN itu bisa diibaratkan dengan saringan yang menyaring koneksi kotor yang berbahaya sehingga dapat melakukan browsing dengan aman dan nyaman.

Demikian artikel tentang Apa itu VPN? dari achmad-arm.blogspot.com, Semoga artikel diatas membantu. Terima kasih. Baca juga Fungsi VPN.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar