Berbagi untuk Dapat Lebih

Rabu, 18 November 2015

Keuntungan Dan Kerugian ROOT Android

Tidak ada komentar
Rooting Android adalah proses membuat perangkat android Anda mempunyai hak akses root. Root adalah Super User yang mempunyai permisi untuk mengeksekusi lebih banyak file dan lebih leluasa daripada user biasa. User root (SuperUser) bertindak sebagai 'Administrator' dari sistem tersebut.

Secara default, OS android di smartphone pada umumnya tidak mempunyai user root, karena memang vendor-vendor smartphone tidak menyarankan untuk melakukan rooting pada produk smartphone keluarannya. Untuk melakukan rooting, sebaiknya Anda googling atau masuk ke forum kaskus (untuk wilayah indonesia http://www.kaskus.co.id/) karena pada setiap smartphone Android meiliki cara yang berbeda-beda untuk melakukan rooting.

Smartphone Android yang telah di-root mempunyai banyak keunggulan, tapi melakukan rooting pada smartphone juga mempunyai efek yang negatif pada smartphone yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem Android jika tidak berhati-hati. Berikut saya jelaskan sedikit tentang keuntungan dan kerugian rooting pada Android.

Keuntungan Smartphone Android yang Telah di Root


1. Bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang terinstall di memori internal (bawaan pabrik)


Aplikasi-aplikasi bawaan pabrik yang terinstall di memori internal yang dirasa tidak begitu penting dan mungkin tidak pernah digunakan sama sekali dapat dihapus/diuninstall dari sistem, dengan begitu dapat menghemat penggunaan memori.

2. Bisa menggunakan sistem operasi yang dikostumisasi.

Hal ini memang sangat menyenangkan, tapi hal ini perlu dilakukan dengan sangat hati-hati! Setidaknya carilah beberapa referensi yang paling umum dan sering digunakan oleh pengguna Android lainnya dan hal ini tidak dapat dilakukan pada semua jennis smartphone android.

3. Lebih fleksibel dan leluasa dalam pengaturan penyimpanan data memori.

Pengaturan dalam menyimpan aplikasi pada Android akan terasa lebih fleksibel, contoh, Anda dapat memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal (SDCard)

Dan masih banyak lagi keuntungan dari Rooting Android, tetapi saya sampaikan lagi, untuk berhati-hati saat melakukan modifikasi sistem Andorid Anda.

Kerugian Smartphone Android yang Telah di Root


1. Garansi yang ada akan hilang


 Jika smartphone Android sudah di root, maka garansi yang ada di smartphone akan hilang, hal ini berlaku pada hampir atau bahkan semua vendor-vendor smartphone Android,  jika Android sudah diroot, apabila terjadi kerusakan/kegagalan sistem, maka vendor/distributor tidak akan menerima garansi yang sebenarnya masih berlaku. Memang hal inilah yang paling ditakutkan jika dilakukan root, dan inilah alasan kenapa secara umum smartphone Android tidak disediakan fasilitas root.

2. Ponsel tidak normal

Memang benar jika melakukan konfigurasi hardware Android  secara manual dapat meningkatkan kinerja dari Android, jika salah dalam meng-konfigurasinya, maka Android akan sering mengalami gangguan, diantaranya smartphone sering mati dan reboot sendiri, sering 'hang' saat menjalankan aplikasi tertentu, kinerja hardware semakin buruk, kemungkinan terburuknya adalah bootloop, atau bahkan mati total.

3. Overheating pada smartphone

Rooting memang dapat membuat smartphone bekerja lebih cepat dari biasanya. Namun, kekurangannya jika Anda membuat smartphone Anda memacu seluruh kemampuan hardware-nya untuk bekerja secara maksimal, maka akan membuat smartphone akan menjadi cepat panas (Overheating) dan menyebabkan boros pada baterai.

Sebenarnya melakukan Rooting pada smartphone Android tidak menimbulkan efek negatif yang besar , asalkan berhati-hati dalam memodifikasi apapun, maka root akan memberikan keuntungan yang lebih daripada kerugiannya. Disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu, jika terjadi kesalahan dalam proses modifikasi bisa direstore kembali.

Sekian Info tentang Keuntungan dan Kerugian Root Android dari achmad-arm.blogspot.com. Semoga artikel diatas membantu.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar