Berbagi untuk Dapat Lebih

Kamis, 19 November 2015

Pengertian Serta Kelebihan dan Kekurangan Stock ROM Android

Tidak ada komentar
Halo para pembaca achmad-arm.blogspot.com, kali ini saya akan membahas tentang Pengertian Serta Kelebihan dan Kekurangan Stock ROM Android. Jika dalam ilmu komputer, ROM adalah Read Only Memory, tapi dalam android bukan itu arti dari ROM yang sebenarnya. ROM di Android dapat diartikan sebagai sistem operasi yang menjadi nyawa sebuah gadget berbasis Android.

Menurut saya, Stock ROM Android adalah ROM atau Sistem asli bawaan dari vendor atau pabrik atau distributor gadget berbasis Android. Stock ROM disebut juga ROM Orisinil atau ROM asli. Stock ROM tidak dapat dimodifikasi jika tidak mempunyai hak akses penuh (root). 

1. Kelebihan Stock ROM

Stock ROM Android adalah hasil dari banyak upaya riset dan tes oleh pihak vendor pengembang OS tersebut. Oleh karena itu, Stock ROM memiliki beberapa kelebihan, diantaranya :

  • Cukup stabil saat pertama kali rilis.
  • Hampir semua bugs (permasalahan pada sistem) telah diatasi pada tahap tes sebelum rilis.
  • Membawa konten resmi dari vendor pengembang OS.
  • Update mudah didapatkan dan bahkan terinstall secara otomatis.
2. Kekurangan Stock ROM

Meskipun dengan kelebihannya, Stock ROM juga tidak lepas dari kekurangan, diantaranya sebagai berikut :
  • Update yang tidak terlalu sering karena mengikuti siklus rilis yang dijadwalkan oleh perusahaan yang melakukan pengembangan.
  • Feedback yang memakan waktu yang lama, apabila ada suatu masalah pada ROM Android, umumnya akan melalui suatu proses yang panjang dan memakan waktu, bahkan jaagan terkejut apabila feedback anda tidak digubris oleh pihak vendor atau perusahaan.
  • Juga untuk mendapatkan bantuan atas masalah yang pengguna alami, proses panjang dan memakan waktu.
  • Dan hal inilah yang paling menjengkelkan bagi kita pengguna Android di Indonesia, update seringnya rilis terlebih dahulu di Amerika Serikat dan membiarkan yang lain menunggu, dan seringnya harus menunggu dalam waktu yang sangat lama untuk mendapatkan official update regionAsia.
  • Dan yang paling buruk adalah ketika vendor smartphone memutuskan untuk tidak merilis update ROM Android bagi perangkat lam, mereka hanya menyediakan bagi perangakat  terbaru mereka saya, sehingga pengguna perangkat lama akan Stuck pada OS versi lama.
  • Pengembang OS Android atau vendor dan operator ponsel umumnya akan menambahkan restriksi mulai dari lock yang hanya bisa menggunakan satu operator saja.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar